My passion is my money

My passion is my money

Oleh: Jahrathun Nufus Nazmah

Kalian tau gak apa itu passion?

Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus berpikir untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. Dalam proses merealisasikannya, dia tidak akan pernah menyerah. Ia akan melakukan yang terbaik yang ia dapat lakukan. Setiap hari merupakan kesempatan baru yang ia dapatkan dan berusaha untuk tidak menyia-nyiakannya.

Passion adalah sebuah keinginan yang begitu mendalam dari dalam lubuk hati yang dilakukan tanpa adanya paksaan ataupun beban walaupun ia tidak mendapatkan materi sebagai upah. Nah tentunya passion seseorang itu berbeda beda. Pada awalnya, memang sulit melihat apa passion Anda, namun ketika Anda telah menemukannya, tanpa disadari hal itu tidak akan membuat Anda berhenti melakukannya. Setiap profesi sesungguhnya memiliki unsur passion masing-masing. Ada diantaranya yang memiliki passion menjadi seorang pekerja sosial untuk korban bencana atau tentara untuk menyelamatkan korban perang sipil di sebuah negara. Tentu saja, itu membutuhkan passion yang kuat dari dalam jiwa sehingga mereka tidak enggan untuk menyelesaikan misi mereka hingga akhir.

Hidup itu perlu passion !

Hidup tanpa passion bisa digambarkan layaknya kerja selama 8 jam sehari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, 40 jam seminggu, menerobos kemacetan tanpa sebuah semangat dan hanya untuk mengejar uang semata. Kita bergairah atau memiliki passion kepada sesuatu bukan karena sekadar ikut-ikutan layaknya menjadi supporter bola bersama teman-teman. Gairah itu timbul karena kita memang menyukainya, walaupun orang lain tidak demikian alias berbeda dengan kita.  Itulah sebabnya setiap orang memiliki passion yang berbeda. Mencintai sebuah pekerjaan bisa dikatakan sebagai passion. Tidak ada kata beban yang dirasakan walaupun tanpa mendapat bayaran sekalipun ia tetap pergi untuk menjalankan misinya hingga selesai.

Jadikan passion mu menjadi penghasilan

Meskipun hobi dan passion itu berbeda, namun keduanya memiliki banyak persamaan. Salah satu persamaan yang terlihat jelas adalah sama-sama disukai oleh Anda. Jadi, jelas pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah menemukan bakat dan minat. Bakat dan minat ini bisa dimulai dari hobi Anda. Dalam hal ini, tentu yang akan lolos adalah hobi yang dapat menghasilkan rupiah. Karena faktanya tidak semua jenis hobi bisa menghasilkan uang. Contohnya anda memiliki hobi melukis. Selain lukisan hasil karya Anda dapat dipajang dan dijual, Anda juga dapat mengembangkan passion melukis tersebut melalui media yang lebih canggih, yaitu mendesain di PC atau komputer. Dari passion melukis inilah Anda dapat menjadi desainer grafis. Ditambah dengan passion melukis Anda yang menggebu-gebu, Anda bisa saja melebarkan sayap dengan bekerja untuk membuat logo perusahaan besar. Ada beberapa cara agar passionmu bisa menghasilkan uang, yang pertama kita gali bidang yang kita minati, jika sudah menemukannya lalu cari tahu tentang sumber uang yang bisa anda dapatkan dari passion. Setelah menemukan nya kemudian mulailah passion anda untuk menjadi sebuah bisnis. Tidak butuh modal yang muluk untuk melakukannya. Yang penting Anda harus yakin, tidak boleh ragu dan tidak boleh malu. Percaya diri saja, sekalipun Anda berangkat bukan dari seorang businessman.

Memulai bisnis dari passion tetap membutuhkan langkah-langkah, agar bisnis yang Anda miliki tersebut disukai oleh target market. Langkah pertama untuk memulai adalah dengan membuat perencanaan yang mendetail mengenai langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membuka dan mengembangkan bisnis dari passion Anda ini.

Terus belajar untuk mengembangkan passion anda, karena tren selalu berubah ubah mengikuti perkembangan zaman. Perkaya pengetahuan Anda mengenai bakat, minat, hobi yang menjadi passion dan bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini. Atau apa yang sedang ramai dicari saat ini. Hal ini juga berhubungan dengan target market Anda. Apakah yang mereka sedang butuhkan dan lain sebagainya.

 Jadi tidak semua hobi dapat menghasilkan rupiah, tapi semua passion pasti dapat mendatangkan rupiah, asalkan Anda mau menjemputnya. Bagaimana cara menjemputnya? Tentu dengan menggali passion yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Jadikan passion tersebut ibarat bisnis atau peluang. Jadi dalam pengerjaannya, Anda perlu maksimal. Tujuannya agar rupiah yang akan Anda dapatkan melimpah sebanding dengan suksesnya bisnis yang Anda jalankan melalui passion yang Anda miliki.

Tags

Add Comment

Your email is safe with us.

Sign In Infopelajar.id

or

Account details will be confirmed via email.

Reset Your Password